Menggunakan Fungsi SUM untuk penjumlahan di Microsoft Excel

Share:
Pada Posting yang lalu kita telah membahas beberapa Rumus Excel Dasar yang wajib diketahui. Dan salah satu dari rumus tersebut diantaranya adalah Fungsi SUM.

Fungsi atau rumus SUM merupakan salah satu rumus excel yang wajib diketahui oleh User, karena fungsi SUM adalah salah satu rumus dasar yang paling sering digunakan dalam pengolahan data di Microsoft Excel.
Fungsi SUM sendiri berfungsi untuk menjumlahkan nilai-nilai (value) dari beberapa cell di Microsoft Excel. dan cara menggunakannya adalah sebagai berikut.


Menggunakan Fungsi SUM untuk penjumlahan di Microsoft Excel


Fungsi SUM di Microsoft Excel dapat digunakan dengan 2 cara yaitu :
  1. Untuk Menjumlahkan Nilai dari 2 Cell atau Lebih
  2. Untuk Menjumlahkan satu Range Data
Bagaimana caranya? Oke kita bahas satu persatu.

1. Menjumlahkan Nilai dari 2 cell atau Lebih

Untuk menjumlahkan nilai dari 2 cell atau lebih dapat dilakukan dengan syntax dasar :

=SUM(Value1,Value2,Value3,...)
*Cara Baca : JUMLAHKAN(Nilai1-dan-Nilai2-dan-Nilai3-dan-...)

Value1, Value2 dan Value3 adalah cell dengan nilai yang akan di jumlahkan. untuk lebih jelasnya lihat contoh tabel di bawah ini :

ABCD
1NoKode BarangDeskripsiHarga Satuan
210001Celana JeansRp 160,000
320002Celana BahanRp 120,000
430003Celana KatunRp 170,000
540004Kaos OblongRp 50,000
650005KemejaRp 180,000
760006GaunRp 360,000
Dari data pada tabel diatas mari kita buat soal seperti berikut :
  • Berapa Harga 1 Celana Jeans + 1 Kaos, dan + 1 Kemeja?
Jawab :
ABCD
1NoKode BarangDeskripsiHarga Satuan
210001Celana JeansRp 160,000
320002Celana BahanRp 120,000
430003Celana KatunRp 170,000
540004Kaos OblongRp 50,000
650005KemejaRp 180,000
760006GaunRp 360,000
=SUM(D2,D5,D6)

Maka rumus yang di gunakan adalah =SUM(D2,D5,D6)  yang berarti JUMLAHKAN(160.000+50.000+180.000).

Oke, Sampai sini sudah mengerti? silahkan praktekkan dengan tabel kamu sendiri atau bisa copy-paste tabel di atas ke Spreadheet kamu.

2. Menjumlahkan Nilai dari Satu Range

Oke Selanjutnya kita akan Menjumlahkan Nilai dari Satu Range. 

Range itu apa sih?
Nah Lho?

Jadi Begini Guys, Range adalah sekumpulan cell yang terseleksi dari suatu Column (Kolom) atau Row (Baris). Nah kemudian untuk menjumlahkan Nilai dari satu Range tadi bisa dilakukan dengan Syntax dasar :

=SUM(CellStart:CellEnd)
*Cara Baca : JUMLAHKAN(CellStart-Sampai-CellEnd)

Untuk lebih jelasnya mari simak Contoh pada tabel berikut :

ABCD
1NoKode BarangDeskripsiHarga Satuan
210001Celana JeansRp 160,000
320002Celana BahanRp 120,000
430003Celana KatunRp 170,000
540004Kaos OblongRp 50,000
650005KemejaRp 180,000
760006GaunRp 360,000
Pertanyaannya :
  • Berapa yang harus di bayar jika kita membeli semua barang tersebut?
Jawab :

ABCD
1NoKode BarangDeskripsiHarga Satuan
210001Celana JeansRp 160,000
320002Celana BahanRp 120,000
430003Celana KatunRp 170,000
540004Kaos OblongRp 50,000
650005KemejaRp 180,000
760006GaunRp 360,000
=SUM(D2:D7)
Maka rumus yang di gunakan adalah =SUM(D2:D7)  yang berarti JUMLAHKAN(Nilai dari Cell D2 sampai D7).



Coba lagi praktekkan rumus ini pada data kamu tadi. Gampangkan?
Oke itu tadi 2 cara menggunakan Fungsi SUM di Microsoft Excel. Semoga bermanfaat.

No comments