Fungsi atau rumus SUM merupakan salah satu rumus excel yang wajib diketahui oleh User, karena fungsi SUM adalah salah satu rumus dasar yang paling sering digunakan dalam pengolahan data di Microsoft Excel.
Fungsi SUM sendiri berfungsi untuk menjumlahkan nilai-nilai (value) dari beberapa cell di Microsoft Excel. dan cara menggunakannya adalah sebagai berikut.
Menggunakan Fungsi SUM untuk penjumlahan di Microsoft Excel
Fungsi SUM di Microsoft Excel dapat digunakan dengan 2 cara yaitu :
- Untuk Menjumlahkan Nilai dari 2 Cell atau Lebih
- Untuk Menjumlahkan satu Range Data
Bagaimana caranya? Oke kita bahas satu persatu.
1. Menjumlahkan Nilai dari 2 cell atau Lebih
Untuk menjumlahkan nilai dari 2 cell atau lebih dapat dilakukan dengan syntax dasar :
Value1, Value2 dan Value3 adalah cell dengan nilai yang akan di jumlahkan. untuk lebih jelasnya lihat contoh tabel di bawah ini :
Dari data pada tabel diatas mari kita buat soal seperti berikut :
=SUM(Value1,Value2,Value3,...)
*Cara Baca : JUMLAHKAN(Nilai1-dan-Nilai2-dan-Nilai3-dan-...)
- Berapa Harga 1 Celana Jeans + 1 Kaos, dan + 1 Kemeja?
Jawab :
Maka rumus yang di gunakan adalah =SUM(D2,D5,D6) yang berarti JUMLAHKAN(160.000+50.000+180.000).
Oke, Sampai sini sudah mengerti? silahkan praktekkan dengan tabel kamu sendiri atau bisa copy-paste tabel di atas ke Spreadheet kamu.
2. Menjumlahkan Nilai dari Satu Range
Oke Selanjutnya kita akan Menjumlahkan Nilai dari Satu Range.
Range itu apa sih?
Nah Lho?
Jadi Begini Guys, Range adalah sekumpulan cell yang terseleksi dari suatu Column (Kolom) atau Row (Baris). Nah kemudian untuk menjumlahkan Nilai dari satu Range tadi bisa dilakukan dengan Syntax dasar :
=SUM(CellStart:CellEnd)
*Cara Baca : JUMLAHKAN(CellStart-Sampai-CellEnd)
*Cara Baca : JUMLAHKAN(CellStart-Sampai-CellEnd)
Untuk lebih jelasnya mari simak Contoh pada tabel berikut :
- Berapa yang harus di bayar jika kita membeli semua barang tersebut?
Jawab :
No comments