Menggunakan Fungsi COUNT dan COUNTA untuk Menghitung Cell di Microsoft Excel

Share:
Halo Guys, selamat datang kembali di Excelizy, where learn Excel is Eazy, right?

Oke pada pembahasan Rumus Excel kali ini kita akan membahas Fungsi COUNT di Microsoft Excel. Dimana Fungsi COUNT ini juga salah satu Rumus yang wajib diketahui selain Fungsi SUM yang telah kita bahas pada posing sebelumnya.

Penggunaan fungsi COUNT sebenarnya tidak jauh berbeda dengan penggunaan fungsi SUM, hanya saja perbedaannya terletak pada fungsi dari rumus tersebut. Fungsi SUM berfungsi untuk Menjumlahkan angka pada cell, sedangkan Fungsi COUNT untuk Menghitung Cell.

Cell Seperti apa yang bisa terhitung?

Cell yang bisa terhitung oleh Fungsi COUNT adalah Cell Yang Berisi Angka. Itu berarti Cell yang KOSONG atau Cell yang berisi HURUF ALFABET tidak akan terhitung.
Sementara untuk menghitung Cell yang berisi ANGKA atau HURUF bisa dilakukan dengan Fungsi COUNTA. Dan pada artikel ini kita akan membahas keduanya. Penasaran? Check it out!


Cara Menggunakan Fungsi COUNT & COUNTA di Microsoft Excel

1. Menggunakan Fungsi COUNT

Oke sekarang kita bahas satu persatu, pertama mari kita buka dulu bagaimana sih cara menggunakan Fungsi COUNT?

Fungsi COUNT sendiri memiliki Syntax dasar seperti berikut :

=COUNT(CellStart:CellEnd)
*Cara Membaca : Hitung(jumlah cell dari CellStart-sampai-CellEnd)

Perhatikan tabel di bawah ini,

ABCD
1NoKode BarangDeskripsiHarga Satuan
210001Celana JeansRp 160,000
320002Celana BahanRp 120,000
430003Celana KatunRp 170,000
540004Kaos OblongRp 50,000
650005KemejaRp 180,000
760006GaunRp 360,000
Berdasarkan tabel di atas mari kita buat pertanyaan :
Berapa Jenis Barang yang ada pada tabel di atas?

Jawab :
ABCD
1NoKode BarangDeskripsiHarga Satuan
210001Celana JeansRp 160,000
320002Celana BahanRp 120,000
430003Celana KatunRp 170,000
540004Kaos OblongRp 50,000
650005KemejaRp 180,000
760006GaunRp 360,000
1. =COUNT(A2:A7)
2. =COUNT(B2:B7)
3. =COUNT(D2:D7)

Maka seperti pada tabel di atas kita bisa menggunakan salah satu rumus dengan mengacu kepada kolom A,B, atau D yang mana kolom tersebut berisi angka. sementara jika kita menggunakan =COUNT(C2:C7) maka hasilnya adalah 0 (Nol) karena kolom C berisi Huruf.

Sampai sini sudah faham konsepnya kan?

Oke kita lanjut ke pembahasan berikutnya

2. Menggunakan Fungsi COUNTA

Selanjutnya kita bahas cara menggunakan fungsi COUNTA. Secara keseluruhan penggunaannya sama persis dengan Fungsi COUNT, perbedaannya Fungsi COUNTA menghitung keseluruhan Cell yang berisi angka maupun huruf atau tanda baca (tidak kosong).

Perhatikan Tabel Berikut :

ABCD
1NoKode BarangDeskripsiHarga Satuan
210001Celana JeansRp 160,000
320002Celana BahanRp 120,000
430003Celana KatunRp 170,000
540004Kaos OblongRp 50,000
650005KemejaRp 180,000
760006GaunRp 360,000

Jika kita membuat pertanyaan yang sama dengan pertanyaan sebelumnya maka kita bisa menggunakan semua kolom sebagai acuan dengan Formula seperti berikut :

1. =COUNTA(A2:A7)
2. =COUNTA(B2:B7)
3. =COUNTA(C2:C7)
4. =COUNTA(D2:D7)

Sampai sini sudah mengerti perbedaan Fungsi COUNT & COUNTA?

Mari kita perjelas lagi konsepnya dengan tabel yang sama,

ABCD
1NoKode BarangDeskripsiHarga Satuan
210001Celana JeansRp 160,000
320002Celana BahanRp 120,000
430003Celana KatunRp 170,000
540004Kaos OblongRp 50,000
650005KemejaRp 180,000
760006GaunRp 360,000

Jika pada tabel diatas kita terapkan formula =COUNT(A2:D7) maka akan memampilkan hasil 18 (6 Baris X 3 Kolom berisi angka)
Dan jika kita terapkan Formula =COUNTA(A2:D7) maka akan menampilkan hasil 24 (6 Baris X 4 Kolom yang tidak kosong).

Oke sekarang cobalah terapkan fungsi COUNT & COUNTA ini pada data yang kamu miliki. Apakah berhasil?

Sekian pembahasan Excelizy kali ini, semoga bermanfaat.

No comments